Rabu, 03 Maret 2010

Karang Taruna

Dari zaman dulu sampai zaman sekarang pemuda di seluruh Indonesia saling bersosialisasi dengan cara bergotong royong, ronda, arisan warga, perkumpulan karang taruna dan acara yang lain-lain.

Anak – anak karang taruna di Rt 007 / 02 sangat aktif dan kompak dalam segala kegiatan warga, dari perkumpulan itu lah pemuda dan masyarakat saling bersosialisasi. Karena masyarakat dan pemuda di rt 007/02 selalu berkumpul untuk berdiskusi mengenai lingkungannya atau tentang acara – acara yang akan di selenggarakan, contohnya acara 17 agustusan dan mengadakan acara buka puasa bersama pada saat ramadhan tiba atau acara hari-hari besar lainnya.

Jika ingin mengadakan acara 17 agustusan di rt 007/02 para pemudanya mulai berkumpul dan mendiskusikan mengenai acara 17 agustusan itu, dari mulai masalah tempat pelaksanaannya dimana, apa saja perlombaan yang akan diadakan, dan apa saja hadiah – hadiah yang akan di berikan atau dikasihkan kepada pemenang lombanya, serta membahas berapa anggaran yang di butuhkan untuk menyelenggarakannya dan juga membicarakan siapa saja yang akan menjadi panitia 17 agustus tersebut.

Setelah itu semua dibahas dengan selesai maka mulailah menjalankan rencananya satu per satu. Karena semua panitia telah dibentuk pada diskusi atau rapat yang sudah dilaksanakan sebelum berlangsungnya acara, maka mulailah panitia melaksanakan tugasnya masing – masing. Seperti untuk tempat acara yang akan dijadikan perlombaan maka pemuda yang sudah di tunjuk sebagai ketua panitia harus mewakilkan dari karang taruna setempat untuk meminta izin terlebih dahulu dengan pak Rt dan yang punya tanah untuk berlangsungnya acara tersebut, sedangkan pemuda yang sudah di tunjuk sebagai seksi acara dan sekretaris akan melaksanakan penyusunan acaranya dan menyusun perlombaan apa saja yang akan diadakan, lalu pemuda yang di tunjuk sebagai seksi perlengkapan dan bendahara mulailah berbelanja mengenai hadiah apa saja yang akan diberikan ke pada pemenang lomba nantinya, sedangkan yang mengelolah anggaran keuangannya adalah pemuda yang di tunjuk sebagai bendahara.

Setelah semua panitia menyelesaikan tugasnya masing – masing maka mulailah menjalankan semua rencananya pada acara 17 agustusan tersebut, maka seluruh wargapun tanpa terkecuali semua berkumpul dan membaur pada acara yang sedang berlangsung pada saat itu. Disinilah kekompakan seluruh warga Rt 007/02 mulai dari bapak – bapak , ibu – ibu, anak – anak, dan seluruh pemuda semua membaur jadi satu.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar